"Mencari Inspirasi & Kehidupan yang baru"

Look My bolger okey "_"

24 November 2010

Pelapisan Sosial


Pengertian pelapisan sosial

Masyarakat tebentuk dari  individu – individu. Individu – individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok – kelompok sosial. Dengan terjadinya kelompok sosial ini maka terbentuklah suatu pelapisan masyarakat atau terbentuklah masyarakat berstrata.

Terjadinya Pelapisan Sosial

Terjadinya Pelapisan Sosial dibagi menjadi 2 yaitu:
1.      Terjadi dengan sendirinya, proses ini terjadi secara alamiah, adapun orang – orang yang mempunyai kekuasaan, wewenang dll, semua terjadi dengan sendirinya , tanpa ada perencanaan tertentu.
2.      Terjadi dengan sengaja, proses ini terjadi untuk memenuhi tujuan bersama. Dan didalam sistem ini pastinya ada seseorang yang ditunjuk untuk memegang kekuasaan dan wewenang didalam suatu organisasi tersebut.

Perbedaan Sistem Pelapisan Dalam Masyarakat

Perbedaan sistem pelapisan dalam masyarakat terbagi menjadi 2 yaitu:
1.      Sistem pelapisan Masyarakat Tertutup adalah sistem yang mengenal dari kelahiran untuk menjadi anggota lapisan masyarakat tertutup. Didalam siste, ini masyarakat tegolong ke dalam, Kasta Brahmana, Kasta Ksatria, Kasta Waisya, Kasta Sudra, dan Paria,
2.      Sistem Pelapisan Masyarakat Terbuka adalah sistem yang mengenal lapisn atas dan bawah, dan siapa saja bisa masuk kedalamnya asalkan anggota masyaakat itu sanggup untuk masuk kedalamnya contohnya masyarakat sekarang ini bisa menduduki jabatan apapun asalkan dia mempunyai kemampuan untuk itu.

Beberapa Teori Tentang Pelapisan Sosial

Bentuk konkrit daripada pelapisan masyarakat ada beberapa macam. Ada sementara sarjana yang meninjau bentuk pelapisan masyarakat hanya berdasarkan salah satu aspek misalnya ekonomi, dan politik, tetapi ada sementara itu ada yang memandang dari sudut komprenshif.
Adapun bentuk – bentuk teori tentang pelapisan sosial sebagai berikut.
1.      Masyarakat terdiri dari kelas atas dan masyarakat kelas bawah
2.      Masyarakat terdiri dari tiga kelas, masyarakat kelas atas, masyarakat kelas menengah, dan masyarakat kelas bawah
3.      Sementara itu ada pula sering terdengar masyarakat kelas atas, kelas menegah bawah, dan kelas bawah.
Kesamaan Drajat

Pengertian Kesamaan Derajat

Kesamaan Derajat adalah masyarakat yang ingin berbuat bebas tanpa ada suatu perbedaan dan didukung dengan adanya UUD yang berisikan tentang hak dan kewajiban atau lebih dikenal dengan nama Hak Asasi Manusia, agar masyarakat bisa melakukan apapun tanpa ada rasa takut dan mempunyai jaminan yaitu UUD yang telah disahkan. Agar semua kalangan atau semua orang tanpa terkecuali tak bisa berbuat semena – mena antara satu dengan yang lainnya atau antara satu kalangan dengan kalangan lainya sekalipun ada pastinya terkena hukuman menurut UUD yang telah berlaku.

Pasal – pasal UUD 1945 Tentang Hak

a)      Pasal 1             : sekalian orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak yang sama.
b)      Pasal 2 ayat 1 : setiap orang berhak atas semua hak – hak dan kebebasan – kebebasan yang tercantum dalam pernyataan ini dengan tak ada terkecuali apapun.
c)      Pasal 7             : sekalian orang adalah sama terhadap undang – undang dan berhak atas perlindungan hukum yang sama dengan tak ada perbedaan.

4 Pokok Hak Asasi dalam UUD’45

a)      Pasal 27 ayat 1 yakni bahwa segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualiannya.
b)      Pasal 27 ayat 2 yakni hak setiap warga negara atas pekerjaan dan penghidupannya yang layak bagi kemanusian. Pasal 28 yakni bahwa negara menjamin kemerdekaan berserikat dan berkumpul , mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainnya ditetapkan oleh undang – undang.
c)      Pasal 29 ayat 2 yakni bahwa negara menjamin kemerdekaan tiap – tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing – masing dan untuk beribadat.
d)     Pasal 31 ayat 2 yakno pemerintahan mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pengajaran nasional, yang di atur dengan undang – undang.
Elite dan massa
Pengertian Elite

Elite adalah sekelompok yang didalam masyarakat mempunyai kedudukan tinggi. Arti lebih khusus nya adalh sekelompok orang terkemuka dibidang - bidang tertentu. Bisa juga dikatakan bahwa Elite adalah suatu monoritas pribadi – pribadi yang di angkat untuk melayani kolektivitas dengan cara bernilai sosial

Fungsi Elite dalam memegang Strategi

Ada dua kecenderungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat yaitu:
Pertama,menitikberatkan pada fungsi social dan yang kedua,pertimbangan-pertimbangan yangb bersifat moral.Kedua kecenderungan penilaian ini menurut Parson melahirkan dua macam elite,yaitu: Elite eksternal.

  Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian massa

Ialah Massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain.

Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri Massa

a.      Keanggotaan berasal dari semua lapisan masyarakat atau strata social
b.      Massa merupakan kelompok yang anonym
c.      Sedikit sekali berinteraksi atau bertukar pengalaman.
d.      Tidak bertindak secara bulat atau sebagai suatu




Tidak ada komentar:

Posting Komentar