"Mencari Inspirasi & Kehidupan yang baru"

Look My bolger okey "_"

7 November 2010

Individu, Keluarga, dan Masyarakat


Pertumbuhan Individu
  • Pengertian Individu
      Individu berasal dari kata (latin) yaitu "Individuum" yang artinya tidak terbagi, / perseorangan (Manusia), yang memiliki sifat - sifat seperti, Raga, Rasa, Rasio, dan Rukun.

  • Pengertian Pertumbuhan
      Pertumbuhan adalah suatu yang berkaitan dengan masalah perubahan dalam jumlah besar, jumlah ukuran dan dimensi tingkat sel organ maupun individu , yang bisa diukur dengan berat, ukuran panjang, umur tulang dan keseimbangan metabolic perinividu, (Orang/Manusia).
  • Faktor - faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan
  1.  Faktor Nativistik adalah seseorang (para ahli) yang berpendapat bahwa pertumbuhan Individu dinilai dari bawaan sejak lahir.
  2.  Faktor Empiristik dan Environmentalistik. berpendapat bahwa pertumbuhan individu tergantung kepada lingkungannya. dan tidak ada kaitannya dengan Nativistik(bawaan lahir) "Bertentangan"
  3. Faktor Konvergensi dan Interaksionisme. adalah faktor yang berpendapat bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan Individu.
  4. Tahapan Pertumbuhan Individu berdasarkan Psikologi yaitu pertumbuhan sejak lahir sampai Dewasa yang melalui beberapa Fase yaitu: Massa Vital, Massa Estetik, Massa Intelektual, Massa Sosial, dan, Massa Remaja.
 Fungsi Keluarga
  • Pengertian Fungsi Keluarga
      Dalam suatu unit keluarga pasti selalu ada  yang namanya pekerjaan atau tugas - tugas yang harus dikerjakan, Suatu pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan disebut Fungsi. 

      Fungsi Keluarga adalah suatu Pekerjaan atau Tugas yang harus dilakukan terhadap suatu unit keluarga itu sendiri.

  • Macam - macam Fungsi Keluarga
        Macam - macam fungsi keluarga ada (8) yaitu: 
  1. Fungsi Biologis
  2. Fungsi Psikologis
  3. Fungsi Afeksi
  4. Fungsi Proteksi
  5. Fungsi Ekonomi
  6. Fungsi Religius
  7. Fungsi Pendidikan
  8. Fungsi Rekreasi
Individu, Keluarga, dan Masyarakat
  •  Pengertian Keluarga
      Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta : Kula dan Warga Kulawarga yang berarti anggota / kelompok kerabat. Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. 
      Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan satu sama lain.
  • Pengertin Mayarakat
       Masyarakat adalah suatu istilah yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, ada Masyarakat Kota, Masyarakat Desa, dan Masyarakat Ilmiah. Dalam bahasa Inggris dipakai istilah Society yang berasal dari kata latin Socius, yang berarti "Kawan" istilah masyarakat itu sendiri berasal dari akar kata Arab yaitu Syaraka yang berarti  "Ikut serta / Berpartisipasi". 

        Berarti Masyarakat bisa dikatakan sebagai suatu kelompok orang, yang mencari penghidupan secara berkelompok, sampai turun - temurun dan mensosialkan anggota - anggotanya melalui pendidikan.
  • 2 Golongan Masyarakat dan Perbedaan antara Masyarakat Non Industri dan Masyarakat Industri
        Golongan mayarakat terbagi menjadi dua yaitu : 
  1. Masyarakat Non Industri
  2. dan Masyarakat Industri
        Masyarakat non industri, kelompok ini dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder. Dalam kelompok primer, interaksi antara anggotanya terjadi lebih intensif, lebih erat, dan lebih akrab. Kelompok ini disebut juga kelompok “face to face group”. Interaksi yang bersifatkan kekeluargaan dan lebih cenderung berdasarkan simpati, Pembagian kerja atau pembagian tugas pada kelompok ini dititik beratkan pada kesadaran, tanggungjawab para anggota yang berlangsung atas dasar rasa simpati dan secara sukarelawan.

          Dalam kelompok sekunder  hubungan terkadang terbagi – bagi atau tidak langsung, formal, dan juga kurang bersifat kekeluargaan. Oleh karna itu sifat interaksi, pembagian kerjanya, diatur atas dasar pertimbangan-pertimbagnan rasional obyektif. Para anggota menerima pembagian kerja atas dasar kemampuan / keahlian tertentu, dituntut target, tujuan tertentu, yang harus dilakukan dan harus didapatkan.


Sedangkan Masyarakat Industri dapat dicirikan oleh beberapa hal:
  • Meluasnya produksi massa barang-barang industri dengan menggunakan mesin, yang terpusat di kota-kota besar
  • Migrasi massal dari pedesaan ke kota-kota (urbanisasi)
  • Peralihan dari pekerjaan sektor pertanian kepada pekerjaan di sektor pabrik.
  • Jumlah penduduk kota yang melek huruf seiring kebutuhan bidang pekerjaan yang lebih komplek
  • Munculnya surat kabar untuk kaum urban sebagai sarana untuk mengiklankan produk-produk baru industri
  • Penemuan teknologi baru seperti film, radio, dan televisi sebagai hiburan kaum urban.
       Jadi Perbedaan antara Non Industri dan Industri adalah jika Non Industri Primer bersifat kekeluargaan dan mempunyai rasa simpati yang tinggi satu sama lain, Non Industri Skunder, Bersifat Mencari kelebihan atau keunggulan dari Individual seseorang, dan bertujuan sesuai misi dan visi dari seseorang yang memperkerjakan atau sebuah perusahaan. Sedangkan Industri adalah Berpacu terhadap sesuatu Revolusi Industri yang umumnya dikaitkan oleh sesuatu penemuan yang baru.
  • Hubungan antara Individu Keluarga dan Masyarakat
  • Makna Individu Manusia adalah makhluk individu. Makhluk individu adalah makhluk sosial yang tidak dapat dipisahkan dan tidak dapat hidup sendiri, dan bisa dibilang selalu saling membutuhkan satu sama lain dalam kehidupan ini.
  • Makna Keluarga Makna sebuah keluarga adalah sebuah pasangan laki – laki dan perempuan yang telah membuat suatu ikatan perkawinan dan akhirnya membentuk suatu keluarga untuk mendapatkan tujuan tertentu (Keturunan) dan lain - lain.
  •  Makna Masyarakat Masyarakat dapat dikatakan sebagai kelompok golongan besar atau kecil dari beberapa individu ataupun keluarga, yang saling berkaitan dan mempunyai pengaruh terhadap setiap individu masing-masing.
  • Hubungan antara Individu, Keluarga dan Masyarakat Individu adalah perorangaan yang akan mencari jati dirinya lalu berranjak  mencari pasangan menuju ke sebuah keluarga yang mulai berfikir dewasa dan menjadi masyarakat yang bisa mendorong kembali ke suatu Individu dan kelompok, yang lambat lamun akan menciptakan generasi - generasi baru yang akan terus berputar kearah yang lebih baik. Jadi keluarga  dan masyarakat berawal dari suatu Individu, dan Individu selalu diproduksi dari suatu keluarga dan akan menjadi suatu masyarakat yang berguna nantinya.Siklus ini berhubungan satu sama laiinya, tidak mungkin ada yang bisa hidup tanpa membutuhkan satu sama lain, karna Individu, Keluarga, dan Masyarakat adalah makhluk sosial.
  •  Urbanisai
  • Pengertian Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. yang diakibatkan oleh faktor - faktor tertentu yaitu :
  1. (a.) Adanya pertambahan penduduk secara alamiah, 
  2. (b.) Terjadinya arus perpindahan dari Desa ke Kota, 
  3. (c.) Tertariknya pemukiman pedesaan ke dalam lingkungan perkotaan, sebagao akibat perkembangan kota yang sangat pesat diberbagai bidang, terutama yang berkaitan dengan tersediannya kesempatan kerja.
  • Proses Urbanisasi adalah sebagai berikut: 
  1. (A.)Terjadinya arus perpindahan penduduk dari Desa ke Kota. 
  2. (B.) Bertambah besarnya jumlah tenaga kerja non agraria disektor sekunder "Industri" dan sektor tersier "Jasa".
  3. (C.)Tumbuhnya pemukiman menjadi Kota. 
  4. (D.) Meluasnya pengaruh kota didaerah pedesaan mengenai segi Ekonomi Sosial, Kebudayaan, dan Psikologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar