"Mencari Inspirasi & Kehidupan yang baru"

Look My bolger okey "_"

25 Oktober 2010

ISD

* ISD dan IPS

ISD (Ilmu Sosial Dasar)adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah sosial dari masalah ilmu pengetahuan keahlian di bidang ilmu tertentu. ISD juga adalah yang  salah satu mata kuliah umum yang wajib diberikan diperguruan tinggi Negeri maupun Swasta. karna menurut saya Mata kuliah ini berguna sekali nantinya pada saat kita terjun langsung ke Lingkungan Masyarakat.

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah Ilmu yang mempelajari tentang aspek - aspek yang berhubungan tentang manusia dan lingkungan sosial.


*Tujuan ISD dan IPS

Tujuan dari ISD sendiri adalah sebagai salah satu usaha yang diharapkan dapat membantu mahasiswa menciptakan rasa kepedulian yang lebih tinggi di Lingkungan Masyarakat, agar dapat memecahkan masalah - masalah yang ada di lingkungan sekitar dengan mempelajari Ilmu Sosial Dasar dan menjadi figur yang baik untuk bangsa dan negara.
Tujuan yang lainnya dari ISD yaitu:
* Memahami dan menyadari adanya kenyataan sosial dalam masyarakat  dan masalah sosial dalam masyarakat merupakan masalah yang kompleks
*Menjadikan mahasiswa peka terhadap masalah sosial dan tanggap dalam penanggulangnya.
*Membentuk wawasan penalaran dan keperibadian mahasiswa terhadap sikap dan tingkah laku manusia, baik dalam diri sebagai pribadi terhadap orang lain secara timbal balik.

Tujuan IPS adalah membuat semua orang mengerti akan apa yang terjadi dikehidupan sosial, mengerti satu sama lain, dan bisa memecahkan masalah dengan musyawarah / mengembangkan fikiran pelajar dan mahasiswa menggunakan penalaran dalam mengambil keputusan pada setiap persolalan yang dihadapi di Sekolah, Universitas maupun di Kehidupan  bermasyarakat.

Untuk mengenali lebih dalam lagi kita harus tahu bagian - bagian Ilmu pengetahuan.
Pembagian Ilmu Pengetahuan di bagi menjadi 3 yaitu :
A. Ilmu - Ilmu Alamiah (Natural Scince) Ilmu - ilmu alamiah ini bertujuan mengetahui keteraturan - keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
B.Ilmu - Ilmu Sosial (Social Scince) Ilmu - ilmu sosial ini bertujuan untuk membahas keteraturan - keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
c. Pengetahuan Budaya (The Humanities) Ilmu pengetahuan Budaya ini bertujuan untuk memahami dan mencari arti - arti kenyataan yang bersifat manusiawi.

*Perbedaan ISD dan IPS

A.Persamaan ISD dan IPS adalah sama - sama mempelajari tentang kehidupan sosial dimasyarakat

B.Perbedaan Antara ISD dan IPS :

   1. ISD hanya ada di perguruan tinggi sedangkan IPS hanya ada di bangku sekolah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN)
   2. ISD mempelajari/membahas masalah dari bidang - bidang ilmu tertentu, sedangkan IPS mempelajari masalah dari kehidupan masyarakat.
   3. ISD adalah mata kuliah tunggal sedangkan IPS adalah jurusan yang kelompok dari semua mata pelajaran

*Ruang Lingkup ISD

Ruang Lingkup ISD meliputi dua kelompok yaitu:
*Studi manusia dan masyarakat dan lembaga - lembaga sosial  yang terutama pisikologi, sosiologi, dan antropologi dan terdiri juga atas bidang ekonomi dan politik.

Berdasarkan kelompok - kelompok Ruang Lingkup ISD 3 bahan pelajaran yang bisa di bahas dalam pembelajaran ISD meliputi :

  1. Mempelajari hubungan antar warga Negara dan Negara.
  2. Mempelajari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan dan pedesaan.
  3. Mempelajari ilmu penngetahuan dan teknologi untuk kemakmuran masyarakat dan pengurangan kemiskinan.

End...................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar